Harahap, Warhamni (2021) Pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa bidang studi seni budaya di kelas IV SDN 0301 Sosopan Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620500068.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah siswa dalam memahami materi pembelajaran seni budaya dalam materi mengenal unsur seni tari tradisional. Permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran khususnya seni budaya adalah guru belum sepenuhnya melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan media yang digunakan, namun guru masih menggunakan teknik dan metode belajar yang kurang menarik perhatian dan kurang motivasi siswa terutama dalam penggunaan media dalam mengajar. Sehingga hasil belajar siswa belum mencapai ketuntasan. Siswa lebih cenderung memahami masalah yang nyata apalagi siswa SD, kebanyakan anak SD lebih menyukai belajar secara langsung atau nyata dalam melihat materi pembelajaran seperti media video. Dalam penelitian ini permasalahan yang dikaji adalah tentang pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa dalam memahami materi mengenal unsur seni tari tardisional, melihat pengaruh dari penggunaan media video terhadap hasil belajar serta memberikan pengaruh kepada siswa untuk mengatasi kesulitan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen, data dikumpulkan menggunakan uji coba pada dua kelompok dengan membandingkan hasil dari setiap kelompok yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas control (pretest dan posttest) di SDN 0301 Sosopan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru bidang studi seni budaya kelas IV SDN 0301 Sosopan. Berdasarkan Uji coba kelas eksperimen dan kontrol, siswa mempunyai kesalahan yaitu dalam memahami materi mengenal unsur tari tradisional. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran hasil nilai rata-rata belajar siswa.Berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) Post test = 0,449 < nilai sig. (2-tailed) Prettest = 0,001 atau dengan melihat nilai thitung Post test = 6,22> thitung Pretest = 3,148 dan ttabel =2,04841 maka hipotesis penelitian dapat diterima karena menunjukkan thitung > ttabel. Faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor internal seperti: minat belajar siswa yang rendah, kesiapan siswa dalam belajar dan tidak adanya motivasi. Faktor eksternal seperti: media pembelajaran yang kurang memadai, teman-teman yang tidak mendukung dalam pembelajaran, metode pembelajaran yang monoton, dan kurangnya guru dalam menerapkan media dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa. Adanya peningkatan nilai rata-rata sebelum diberikan perlakuan sampai diberikannya sebuah perlakuan. Dengan nilai rata-rata untuk kelompok kelas eksperimen 59,93 menjadi 74,21 dan nilai rata-rata kelompok kelas kontrol 67,00 menjadi 68,86.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd. dan Hamidah, M.Pd |
Keywords: | Media; Video; Hasil Belajar; Seni Budaya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 00:31 |
Last Modified: | 30 Jul 2021 00:31 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6802 |
Actions (login required)
View Item |