Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Darul Istiqomah Hutapadang Pijorkoling Kota Padangsidimpuan

Panggabean, Saripah (2021) Minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Darul Istiqomah Hutapadang Pijorkoling Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420100109.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah meneliti bagaimana minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Darul Istiqomah Hutapadang Pijorkoling dengan keterbatasan media pembelajaran, adanya siswa yang masih bicara dalam ruangan, mengantuk dan lain-lain Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Minat Belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah, apa saja faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah, dan apakah upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui Minat Belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah, untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah dan dan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah swasta Darul Istiqomah Hutapadang Pijorkoling Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena sekitarnya dan menganalisanya dengan menggunakan logika ilmiah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa bervariasi ada yang berminat dalam belajar dan ada yang tidak berminat bahkan ada yang ngobrol dan mengantuk saat proses pembelajaran berlangsung. Adapun faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa adalah faktor internal, faktor eksternal, keadaan kondisi tubuh, faktor lingkungan non sosial, faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah. upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa adalah memberikan motivasi, memberikan umpan balik, melakukan tes, memberakukan ganjaran dan hadiah, mengingatkan tujuan kompetensinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Sehat Sultoni Dalimunthe, S.Ag, MA
Keywords: Minat Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 29 Jul 2021 23:24
Last Modified: 29 Jul 2021 23:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6796

Actions (login required)

View Item View Item