Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk kerajinan manik-manik di Kelurahan Sipirok Godang Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan

Astuti, Azmi Nurul Widya Fuji (2021) Strategi pemasaran produk kerajinan manik-manik di Kelurahan Sipirok Godang Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Usaha kerajinan manik-manik di Kelurahan Sipirok Godang Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan dalam sistem pemasarannya masih sederhana dan tradisional. Hal ini mengakibatkan produk dari kerajinan manik-manik ini belum dikenal oleh masyarakat luar daerah Kecamatan Sipirok. Sehingga volume penjualan kerajinan manik-manik ini belum memuaskan. Maka dilakukanlah upaya dalam memasarkan produk manik-manik dengan penerapan strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk kerajinan manik-manik di Kelurahan Sipirok Godang Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran dengan 4P (product, price, place, dan promotion), analisis SWOT (strength, weakness, opportunity dan treath) dan matriks SWOT yang terdiri dari strategi S-O, strategi W-O, strategi S-T dan strategi W-T. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang sifatnya umum terhadap kenyataan sosial. Subyek dari penelitian ini ialah bagian yang berhubungan dengan pembuatan dan pemasaran produk kerajinan manik-manik dengan pengambilan sampel sumber data dilakukan secara snowboal dan purposive. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data nya meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan dan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensial. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa strategi pemasaran pada produk kerajinan manik-manik dapat ditempuh dengan analisis matriks SWOT yang terdiri dari strategi S-O yaitu meningkatkan permintaan pasar, meningkatkan inovasi dan kreatifitas produk, menyesuaikan harga dengan produk yang diproduksi, meningkatkan kualitas produk dan membuat promosi yang menarik. Strategi W-O yaitu menambah jaringan pemasaran, mengoptimalkan bagian pemasaran, mencari bahan pengganti dan mengadakan pelatihan. Strategi S-T yaitu terus melakukan inovasi dan meningkatkan kualitas produk, memperluas jaringan pemasaran, promosi dengan memanfaatkan internet. Strategi W-T yaitu cepat dan tanggap apabila terjadi kendala, terus meningkatkan hubungan internal dan eksternal usaha produk kerajinan manik-manik agar mengungguli persaingan dengan produk sejenis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, ST, MM dan Nurul Izzah, M.Si
Keywords: Kerajinan Manik-Manik; Strategi Pemasaran; SWOT
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 28 Jul 2021 04:10
Last Modified: 28 Jul 2021 04:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6791

Actions (login required)

View Item View Item