Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode al-bayan dalam peningkatan kemampuan membaca Alquran di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Samora Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan

Siregar, Sanusi (2021) Penerapan metode al-bayan dalam peningkatan kemampuan membaca Alquran di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Samora Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420100194.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tentang usaha pencarian solusi terhadap rendahnya kemampuan membaca Alquran sebagian siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Samora, Padangsidimpuan Utara. Penelitian ini menawarkan sebuah solusi dengan penerapan metode Al-Bayan. Diharapkan dengan adanya Metode Al-Bayan ini kemampuan membaca Alquran siswa MDTA Samora, Padangsidimpuan Utara dapat meningkat serta memberikan sumbang pemikiran bagi pelaksana pembelajaran Alquran di MDTA Samora, Padangssidimpuan Utara. Metode Al-Bayan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah merupakan metode yang mengajarkan cara cepat belajar Alquran dengan bacaan yang baik dan benar menurut ilmu tajwid, disusun secara sistematis, dilengkapi dengan pengetahuan tajwid praktis, dan dibantu dengan cara membaca versi Indonesia. Bacaanya menggunakan bacaan yang sudah umum di Indonesia yakni bacaan menurut riwayat Imam Hafs. Kemudian yang dimaksud kemampuan membaca Alquran dalam penelitian ini adalah kemampuan melafalkan huruf dan ayat-ayat Alquran sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid di dalamnya. Jenis penelitian ini yaitu PTK. PTK adalah suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis reflektif terhadap berbagai tindakan yang dilakukan oleh guru yang sekaligus sebagai peneliti, sejak disusunnya suatu perencanaan sampai penilaian terhadap tindakan nyata di dalam kelas yang berupa kegiatan belajar-mengajar, untuk memperbaiki pembelajaran yang diselenggarakan. Pelaksanaan penelitian PTK ini dilaksanakan melalui tahapan dengan siklus model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tiga siklus, yaitu perencanaa, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisi yang digunakan daam penelitian ini adalah metode analitik nonstatistik yang ditafsikan dari hasil observasi dan tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata hasil tes kemempuan membaca Alquran siswa yang memjadi subjek dalam penelitian ini. Sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata membaca Alquran siswa adalah 60.0, kemmudian setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 65.6, setelah dilakukan tindakan siklus II meningkat menjadi 71.1, dan setelah dilakukan tindakan siklus III meningkat menjadi menjadi 75.6.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag. dan Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag.
Keywords: Al-Bayan; Alquran
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 15 Jul 2021 02:15
Last Modified: 15 Jul 2021 02:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6779

Actions (login required)

View Item View Item