Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perbandingan di kelas VII Madrasyah Tsanawiyah Muhammadiah 8 Siabu

Sudrajat, Mhd. Aulia (2021) Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perbandingan di kelas VII Madrasyah Tsanawiyah Muhammadiah 8 Siabu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200090.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah bahwa kemampuan berpikir kritis siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 8 Siabu masih cukup rendah. Selain itu pendekatan pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih kurang efektif, akibatnya siswa banyak yang tidak memahami materi yang diberikan. Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perbandingan di Kelas VII, Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 8 Siabu? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perbandingan di Kelas VII, Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 8 Siabu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model non ekuivalen Group Design (untreated control group design pretest and posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 8 Siabu berjumlah 48 siswa yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan deskripsi data diperoleh hasil bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 64,79 dan kelas kontrol 60,21. Hal ini menunjukkan kemampuan berpikir kritis kedua kelas masih cukup rendah. Setelah diberikan perlakuan diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 72,71 dan kelas kontrol 66,46 yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis kedua kelas menjadi lebih baik. Dari hasil analisis hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,218 > 2,074), maka hipotesis penelitian diterima. Berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada Materi Perbandingan di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 8 Siabu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Mariam Nasution, M.Pd. dan Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag.
Keywords: Pendekatan Pendidikan; Matematika Realistik; Kemampuan Berpikir Kritis; Pembelajaran Matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 14 Jul 2021 01:03
Last Modified: 21 Dec 2022 08:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6774

Actions (login required)

View Item View Item