Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan pemahaman konsep matematika melalui penggunaan model problem based learning berbentuk kartu domino materi pecahan pada siswa kelas III SD Muhammadiyah Sitiris-Tiris Kabupaten Tapanuli Tengah

Lubis, Sri Mulyani (2021) Peningkatan pemahaman konsep matematika melalui penggunaan model problem based learning berbentuk kartu domino materi pecahan pada siswa kelas III SD Muhammadiyah Sitiris-Tiris Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Matematika di kelas. Hal ini disebabkan pada saat proses pembelajaran seharusnya guru menggunakan model yang tepat sesuai dengan materi. Untuk mengatasi rendahnya pemahaman konsep siswa dapat digunakan model Problem Based Learning (PBL) yang mengharuskan siswa untuk dapat memecahkan suatu masalah pada materi pecahan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah pemahaman konsep matematika melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbentuk kartu domino dapat meningkat pada materi pecahan pada siswa kelas III SD Muhammadiyah Sitiris-tiris. Adapun tujuan penelitian: untuk mengetahui pemahaman konsep matematika melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbentuk kartu domino materi pecahan pada siswa kelas III SD Muhammadiyah Sitiris-tiris Kabupaten Tapanuli Tengah mengalami peningkatan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data yang digunakan adalah obervasi dan tes. Dengan jumlah siswa 35 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Kriteria Ketuntasan Minimal sekolah (KKM) 75%. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabiitas, uji tingkat kesukarn tes, uji normalitas, dan uji dengan menggunakan aplikasi SPSS Versi 23. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbentuk kartu domino dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika materi pecahan pada siswa kelas III SDMuhammadiyah Sitiris-tiris Kabupaten Tapanuli Tengah dengan rata-rata 42,8% pada tes awal dan kemudian 69,14% pada siklus I pertemuan ke-2 kemudian 74,86% pada siklus II pertemuan ke-2, dan pada siklus III pertemuan pertama 81,80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag. dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Pemahaman Konsep; Model Pembelajaran; Problem Based Learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 14 Jul 2021 00:36
Last Modified: 14 Jul 2021 00:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6771

Actions (login required)

View Item View Item