Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Metode guru aqidah akhlak dalam pembinaan siswa di MTs Pondok Pesantren Al-Ansor Desa Manunggang Julu Padangsidimpuan Tenggara

Nurhamidah, Nurhamidah (2021) Metode guru aqidah akhlak dalam pembinaan siswa di MTs Pondok Pesantren Al-Ansor Desa Manunggang Julu Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di Latar belakang oleh metode guru dalam pembinaan siswa dan juga menjelaskan penggunaan metode guru Aqidah Akhlak disini oleh guru Aqidah Ahklak dan bagaimanakah guru menghadapi masaalah untuk pembinaan siswa dalam pembelajarannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini Metode guru Aqidah Akhlak dan Apa saja metode yang digunakan guru Aqidah kelas VIII MTs dalam membina Ahklak siswa di Pondok Pesantren Al-Ansor ? dan apa saja kendala yang dihadapi guru Aqidah Ahlak kelas VIII dalam membina Ahlak siswa pada kelas VIII MTs pondok Pesantrern Al-Ansor Manunggang Julu ? dan Apa saja cara guru dalam mengatasi kendala terserbut dalam membina Ahlak siswa pada kelas VIII MTs di Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui metode apa saja yang digunakan guru Aqidah Ahlak dalam membina siswa pada kelas VIII di MTs Pondok Pesantren Al-Ansor Desa Manunggang Julu, dan Untuk mengetahui apa saja kendala yang hadapi guru Aqidah Ahlak dan apa saja cara guru Aqidah Akhlak dalam mengatasi kendala tersebut dalam membina siswa pada kelas VIII di MTs Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu. Metodologi yang digunakan dalam penelitian inin adalah menggunakan pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan secara deskriftif dengan menggunakan filed research di lapangan dan teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara dan. Sumber data adalah primer dan skunder, analisis data yang fakta dengan menggunakan langkah observasi dan wawancara langsung. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa gambaran pembelajaran disini menggunakan metode yang dilakukan oleh guru tersebut dalam proses pembelajaran diruang kelas yaitu di mulai dari membuka pembelajaran hingga ke inti dan menutup pembelajaran. Serta apa saja metode guru dalam pembinaan siswa dan dari segi kendala yang di hadapi guru dan cara guru mengatasi kendala tersebut dan keterbatasan sumber materi pembelajaran, kelemahan menggunakan metode, dan evaluasi tidak mencapai dalam pembelajaran aqidah ahlak. Adapun Metode guru Aqidah Ahlak dalam membina Ahlak siswa adalah menciptakan siswa yang berahlak mulia dan mempunyai sopan santun atau menghormati yang lebih tua dan lebih kecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Rosimah Lubis, M.Pd dan Suparni, S.Si, M.Pd
Keywords: Metode Guru; Aqidah Akhlak; Siswa; Pembinaan Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 12 Jul 2021 02:04
Last Modified: 12 Jul 2021 02:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6767

Actions (login required)

View Item View Item