Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui strategi PAKEM dengan menggunakan media kertas lipat pada materi pecahan di kelas IV SD Negeri 101209 Sampean Kecamatan Sipirok

Pane, Rusmi Yanti (2021) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui strategi PAKEM dengan menggunakan media kertas lipat pada materi pecahan di kelas IV SD Negeri 101209 Sampean Kecamatan Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh matematika dan hasil belajar siswa merupakan dua hal yang saling berkaitan erat, karena berpikir kritis dalam pembelajaran matematika dapat di kembangkan dengan cara menghadapi siswa pada masalah yang kontradiktif dan baru sehingga mengkontruksi pikirannya sendiri untuk mencari kebenaran dan alasan yang jelas. Sehingga banyak alasan dan upaya bagi para pendidik untuk mengajarkan srtategi dan media pembelajaran bagaimana cara meningkatkan hasil belajar kepada peserta didiknya, khususnya pada materi pecahan. Salah satu strategi yang dikembangkan oleh para guru atau pendidik untuk melatih para peserta agar dapat meningkatkan hasil belajar adalah dengan strategi PAKEM melalui media kertas lipat. Dalam hal ini peneliti ingin meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Pakem dengan Menggunakan Media Kertas Lipat pada Materi Pecahan di Kelas IV SD Negeri 101209 Sampean Kecamatan Sipirok Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan metode siklus. Setiap siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Metode tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa melalui strategi PAKEM dengan menggunakan media kertas lipat . Sedangkan metode observasi dingunakan untuk melihat aktifitas belajar dengan penerapanstrategi PAKEM dengan menggunakan media kertas lipat. Data hasil penelitian ini membuktikan hipotesis diterima dengan rata-rata kelas pada prasiklus sebesar 51,5625 dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 18,75%. Kemudian pada siklus I pertemuan 1 terdapat peningkatan yaitu nilai rata-rata kelas sebesar 58,125 dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 31,25% dan pada pertemuan 2 nilai rata-rata kelas sebesar 67,5 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 56,25%. Kemudian di lanjutkan kembali pada siklus II pertemuan 1 yang mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi 74,0625 dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 68,75% dan pada pertemuan 2 nilai rata-rata kelas menjadi 79,375 dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 87,5%, sesuai dengan rencana dan tujuan yang ingin di capai peneliti, sehingga penelitian ini telah dapat dihentikan karena jumlah siswa yang tuntas (mencapai skor 75 keatas sebanyak 14 siswa) dengan kata lain siswa telah tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pd dan Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd
Keywords: Startegi PAKEM; Kertas Lipat; Hasil Belajar; Pecahan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 09 Jul 2021 04:15
Last Modified: 09 Jul 2021 04:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6765

Actions (login required)

View Item View Item