Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) di Kelas V MIN 1 Sibolga

Lubis, Resa Amelia (2021) Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) di Kelas V MIN 1 Sibolga. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalaan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu kurang maksimalnya hasil belajar siswa kelas V-b dalam pembelajaran tematik tema 3 subtema 1 “bagaimana tubuh mengolah makanan”. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran belum melibatkan siswa secara optimal, pembelajaran cenderung berpusat kepada guru dengan model pembelajaran yang kurang menarik cenderung mengarah kepada model konvensional. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui (1) peningkatan hasil belajar dengan penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran tematik tema 3 subtema 1 “bagaimana tubuh mengolah makanan” di kelas V-B MIN 1 Sibolga. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yakni: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian PTK dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu tes, observasi dan wawancara dengan teknik analisis data statistik deskriptif dan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajarar siswa pada pembelajaran tematik tema 3 subtema 1 “bagaimana tubuh mengolah makanan” mengalami peningkatan setiap siklusnya. (1) hasil belajar siswa sebelum tindakan mendapat nilai rata-rata 63,3 (44,4%) meningkat pada siklus I setelah diterapkan model (TGT) nilai rata-rata menjadi 73,34 (55,6%) dan siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 86,29 (83,33%). (2) respon siswa dari bidang terhadap penerapan model pembelajaran TGT (kerjasama, disiplin dan tanggung jawab) pada siklus I dengan rata-rata hasil observasi 71,6 (pertemuan 1) menjadi 72,2 (pertemuan 2) dikategorikan cukup, meningkat pada siklus II dengan rata-rata hasil observasi diangka 85,5 (pertemuan 1) menjadi 86,1 (pertemuan 2) dengan kategori nilai baik sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik tema 3 subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan di kelas V-B MIN 1 Sibolga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Syafrilianto, M.Pd
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Teams Games Tournament
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 09 Jul 2021 02:37
Last Modified: 09 Jul 2021 02:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6759

Actions (login required)

View Item View Item