Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Al Ansor kelas VII Tsanawiyah Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan

Harahap, Musbar (2021) Problematika menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Al Ansor kelas VII Tsanawiyah Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah santri kelas VII Tsanawiyah AL-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan yaitu problematika menghafal Al-Quran, seperti lupa terhadap ayat-ayat yang sudah dihafal, kemampuan mengingat atau menyimpan lemah, malas dan mudah bosan ketika menghafal Al-Quran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana problematika menghafal Al-Quran di pondok pesantren AL-Ansor manunggang julu, Apa faktor-faktor problematika menghafal Al-Quran di pondok pesantren Al-Ansor, Bagaimana upaya mengatasi Problematika Menghafal Al-Quran di pondok pesantren Al-Ansor. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika menghafal Al-Quran di pondok pesantren Al-Ansor manunggang julu, untuk mengetahui faktor-faktor problematika menghafal Al-Quran, untuk mengetahui bagaimana upaya mengatasi problematika menghafal Al-Quran di pondok pesantren Al-Ansor manunggang julu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. subjek penelitiannya adalah santri kelas VII Tsanawiyah Al-Ansor manunggang julu. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa problematika menghafal Al�Quran di pondok pesantren Al-Ansor manunggang julu adalah lupa ayat yang dihafal, kurang menguasai tajwid dan sulit membedakan ayat-ayat yang sama. faktor-faktor problematika menghafal Al-Quran ada 2 faktor, internalnya yaitu malas dan susah menghafal, eksternalnya lingkungan. upaya mengatasi problematika menghafal Al-Quran adalah membaca ayat Al-Quran yang telah dihafal ketika shalat, memperdengarkan bacaan yang telah dihafal kepada orang lain, berwudhu apabila merasa ngantuk dan memberikan motivasi kepada santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamdan Hasibuan, S.Pd., M.Pd dan Zulhammi, M.Ag.,M.Pd
Keywords: Al-Quran; Menghafal Al-Quran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 09 Jul 2021 02:14
Last Modified: 09 Jul 2021 02:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6758

Actions (login required)

View Item View Item