Harahap, Ummu Hayani (2021) Determinan keputusan pembelian smartphone OPPO di Kelurahan Padang Matinggi Lestari. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640200092.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Banyak masyarakat Kelurahan Padang Matinggi Lestari yang memutuskan membeli smartphone OPPO. Padahal banyak smartphone merek lain yang beredar di kalangan masyarakat. Meskipun penjualan smartphone OPPO meningkat, namun pangsa pasarnya mengalami penurunan. Rumusan dalam penilitian ini adalah apakah harga, iklan dan citra merek berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah harga, iklan dan citra merek berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian smartphone OPPO. Kegunaan penelitian ini adalah untuk menambah wawasan pengetahuan dan acuan serta referensi dalam penulisan karya ilmiah. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan harga, iklan, citra merek dan keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada 68 responden. Analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi dasar (uji normalitas dan uji linieritas), uji asumsi klasik (uji multikolinieritas dan uji heterokedastiditas), uji regresi linear berganda, uji hipotesis yaitu uji koefisien determinasi adjusted(R Square), uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) serta menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone OPPO, yang dibuktikan dengan thitung> ttabel (2,256 > 1,294). Iklan berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone OPPO yang dibuktikan dengan thitung> ttabel (3,575 > 1,294). Citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone OPPO, yang dibuktikan dengan thitung> ttabel(4,742 > 1,294). Secara simultan harga, iklan dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone OPPO yang dibuktikan dengan Fhitung>Ftabel (52,926 > 2,17). Adjusted (R2) sebesar 0,699 atau 69,9% menunjukkan bahwa variabel harga, iklan dan citra merek memengaruhi variabel keputusan pembelian smartphone OPPO dan sisanya sebesar 0,301 atau 30,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, ST, MM dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M |
Keywords: | Harga; Iklan; Citra Merek; Keputusan Pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 08 Jul 2021 09:00 |
Last Modified: | 08 Jul 2021 09:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6755 |
Actions (login required)
View Item |