Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan di MAN se Kota Padangsidimpuan

Yuhanni, Yuhanni (2021) Persepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan di MAN se Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adanya persepsi ataupun tanggapan dari guru pamong MAN 1 Padangsidimpuan dan MAN 2 Model Padangsidimpuan terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan Tahun Ajaran (T.A) 2019/2020. Yang dibuktikan dengan hasil wawancara peneliti saat melakukan pra riset dikedua sekolah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan di MAN Se Kota Padangsidimpuan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan di MAN Se Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan yaitu 5 orang guru pamong untuk data primer dan 2 orang wakil kepala sekolah bagian kurikulum untuk data sekunder. Hasil penelitian menyatakan bahwa Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan di MAN Se Kota Padangsidimpuan sudah terlaksana. Namun, masih perlu adanya peningkatan dari setiap komponen keterampilan mengajar, seperti keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan memberikan penguatan, keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan, dan keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil. Agar setiap keterampilan mengajar dapat dikuasai dengan baik oleh setiap mahasiswa PPL sebagai calon guru yang profesional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Latifa Annum Dalimunthe, S.Ag.M.Pd.I
Keywords: Persepsi; Guru Pamong; Keterampilan Mengajar; PPL
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 07 Jul 2021 08:33
Last Modified: 07 Jul 2021 08:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6743

Actions (login required)

View Item View Item