Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam mengelola kelas di SMA Negeri 2 Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara

Harahap, Nurzannah (2021) Kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam mengelola kelas di SMA Negeri 2 Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100114.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang kurang memahami pentingnya mengelola kelas dan hanya menyampaikan materi saja tanpa menyesuaikan dengan metode. Hal ini dilihat dari siswa yang sering mengantuk dan bosan dalam pembelajaran. Kemampuan guru dalam mengelola kelas sangat perlu diperhatikan baik dari pengaturan fasilitas maupun pengarahan siswa. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMA Negeri 2 Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara dan apa kendala yang ditemukan guru dalam mengelola kelas. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas dan untuk mengetahui kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer penelitian ini yaitu dua orang guru Pendidikan Agama Islam dan sumber data sekunder Kepala Sekolah dan guru-guru yang lainnya. Adapun analisis data yang digunakan adalah klasifikasi data, reduksi data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa Kemanpuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengelola Kelas di SMA Negeri 2 Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara dalam menggunakan metode pembelajaran masih monoton, guru Pendidikan Agama Islam masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab tanpa diselingi metode yang lain. Akan tetapi ditinjau dari pengaturan ruangan,tempaat duduk, alat-alat pengajaran, penata keindahan kelas, mengelola absen siswa sudah dilakukan dengan baik. Kendala dalam mengelola kelas adalah metode guru yang monoton dalam menyampaikan materi membuat siswa bosan dan jenuh. Siswa yang kurang menaati peraturan dan keluar masuk kelas pada saat guru menjelaskan pelajaran, Kurangnya fasilitas, seperti buku pegangan siswa dengan sistem kongsi dan meja dan kursi yang rusak sehingga menyulitkan siswa untuk mengikuti pelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag.
Keywords: Kemampuan Guru; Mengelola kelas
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 07 Jul 2021 04:54
Last Modified: 07 Jul 2021 04:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6742

Actions (login required)

View Item View Item