Hasibuan, Lija (2021) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika siswa kelas IV dan upaya penanggulangannya di Sekolah Dasar Negeri 117878 Sei Dua Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620500096.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kelas IV yang mengalami kesulitan belajar Matematika. Belajar merupakan kegiatan yang berproses dan juga merupakanunsur yang sangat fundamental dalam setiap penyelanggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti bahwa berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu amat tergantung pada proses belajar yang dialami siswa, baik ketika I berada di dalam sekolah maupun di lingkungan rumah atau keluarga sendiri. Sedangkan yang namanya kesulitan belajar itu merupakan kondisi proses belajar yang ditandai oleh hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai kesuksesan belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika siswa kelas iv dan upaya penanggulangannya di SD Negeri 117878 Sei Dua, Kecamatan Sungai Kanan, Kabupaten Labuhan Batu Selatan? Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja faktor�faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar Matematika siswa Kelas IV dan upaya penanggulangannya di SD Negeri 117878 Sei Dua, Kecamatan Sungai Kanan, Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi pada seluruh siswa kelas IV yang mengalami kesulitan belajar. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Setelah dilakukan penelitian, maka disimpulkan bahwa ada beberapa faktor�faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar Matematika siswa Kelas IV SD Negeri 117878 Sei Dua Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Yaitu internal dan eksternal penyebab kesulitan belajar siswa dari internal kurang dalam belajar Matematika serta minat siswa yang kurang, dan kurang motivasi belajar siswa. Sedang eksternal kurangnya fasilitas pembelajaran di sekolah dan siswa lebih cenderung bermain ketika pembelajaran Matematika berlangsung, kurang perhatian orangtua, teman-teman yang selalu mengajak bermain. Adapun upaya penanggulangannya kesulitan belajar siswa Kelas IV di SD Negeri 117878 Sei Dua adalah dengan memeberikan motivasi belajar, dukungan orangtua dan meningkatkan fasilitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag. dan Nursyaidah, M.Pd. |
Keywords: | Kesulitan Belajar Matematika; Penanggulangan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 08:21 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 08:21 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6727 |
Actions (login required)
View Item |