Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh strategi berhitung (different strategies) terhadap penalaran logis matematika siswa di kelas VIII MTs S Al Amin Mompang Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Ahmad Roihan (2021) Pengaruh strategi berhitung (different strategies) terhadap penalaran logis matematika siswa di kelas VIII MTs S Al Amin Mompang Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam penalaran logis matematika. Sehingga menyebabkan siswa malas atau bosan untuk mempelajari pembelajaran matematika dikarenakan guru yang menjelaskan terlalu monoton dan tanpa inovasi maka perlu diadakan sebuah strategi yang berguna untuk membuat siswa tertarik dalam belajar sehingga mereka lebih mudah untuk mempelajari dan memahaminya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah; apakah ada pengaruh yang signifikan strategi berhitung (different strategies) terhadap penalaran logis matematika siswa di kelas VIII MTs S Al-Amin Mompang Kabupaten padang Lawas pada materi perbandingan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan strategi berhitung berhitung (different strategies) terhadap penalaran logis matematika siswa di kelas VIII MTs S Al-Amin Mompang Kabupaten padang Lawas pada materi perbandingan. Jenis penelitian yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah penelitian kuatitatif eksperimen. Adapun populasi dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII MTs S Al-Amin Mompang Kabupaten padang Lawas yang dengan sampel 50 siswa. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan tes essay. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan strategi berhitung berhitung (different strategies) terhadap penalaran logis matematika siswa di kelas VIII MTs S Al-Amin Mompang Kabupaten padang Lawas, terlihat pada hasil anlisis bahwa hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa hitung tabel t  t (3,285>1,677) maka hipotesis penelitian dapat diterima artinya dari penerimaan Ha disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara strategi berhitung (different strategies) terhadap penalaran logis matematika siswa kelas VIII MTs S Al-Amin Mompang Kabupaten Padang Lawas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Almira Amir, M.Si dan Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Strategi Berhitung; Different Strategies; Penalaran Logis
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 30 Jun 2021 01:35
Last Modified: 30 Jun 2021 01:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6725

Actions (login required)

View Item View Item