Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran guru dalam meningkatkan keterampilan bahasa siswa melalui kegiatan literasi di kelas II SD Negeri 200508 Sihitang

Adilah, Nur (2021) Peran guru dalam meningkatkan keterampilan bahasa siswa melalui kegiatan literasi di kelas II SD Negeri 200508 Sihitang. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500081.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran guru berperan aktif untuk mengoptimalkan meningkatkan keterampilan bahasa siswa. Namun sangat disayangkan kemampuan keterampilan bahasa anak masih sangat rendah, terlebih siswa kelas II karena latar belakang yang beraneka ragam, perbendaharaan kata pada siswa prasekolah, penggunaan dua bahasa dilingkungan keluarga dan terbatasnya kemampuan siswa dalam memahami konteks bacaan. Rumusan masalah ini adalah bagaimana peran guru dalam meningkatkan keterampilan bahasa siswa melalui kegiatan literas di kelas IIA SD Negeri 200508 Sihitang? Apa saja kendala yang dihadapi guru kelas IIA dalam meningkatkan keterampilan bahasa siswa melalui kegiatan literasi?. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran guru dalam meningkatkan keterampilan bahasa siswa melalui kegiatan literasi di SD Negeri 200508 Sihitang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan data menggunakan tragulasi. Dan data dianalisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan. Responden dalam penelitan ini adalah ini berjumlah 2 orang yaitu guru kelas II dan siswa kelas II. Hasil simpulan dari observasi dan wawancara guru dalam penelitian menunjukkan bahwa guru kelas II sudah menjalankan perannya sebagai peran guru sebagai fasilitator, demonstrator, motivator, pengelola kelas, dan evaluator dengan secara optimal melalui kegiatan literasi diantaranya adalah kegiatan Dear (Drop everything and read), reading time, dan pojok membaca untuk meningkatkan keterampilan bahasa siswa. Siswa kelas 1 SD Negeri 200508 Sihitang sudah secara umum menunjukkan peningkatan keterampilan bahasa yang baik. (2) Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan keterampilan bahasa siswa melalui kegiatan literasi di kelas II SD Negeri Sihitang, keterbatasan waktu pembelajaran khususnya dalam kegiatan literasi dan waktu untuk berinteraksi dengan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd. dan Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Peran Guru; Keterampilan Bahasa Siswa; Kegiatan Literasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200516 Indonesian Literature
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 28 Jun 2021 04:22
Last Modified: 16 Dec 2022 07:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6718

Actions (login required)

View Item View Item