Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi perkalian dengan menggunakan model pembelajaran index card match berbantuan media mistar hitung di kelas III Sd Negeri 0901 Tanjung Baringin Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas

Pohan, Siti Nurmawan (2021) Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi perkalian dengan menggunakan model pembelajaran index card match berbantuan media mistar hitung di kelas III Sd Negeri 0901 Tanjung Baringin Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa, yaitu pada pokok bahasan perkalian. Saat belajar materi tersebut siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal perkalian. Ole karena itu perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, salasatunya dengan menerapkan model pembelajaran berbantuan media pembelajaran dalam pembelajaran yang digunakan guru kurang sesuai sehingga siswa tidak terdorong untuk mengekspresikan idenya dalam belajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Index Card Match Berbantuan Media Mistar Hitung Di Kelas III SD Negeri 0901 Tanjung Baringin Kecamatan Huristak, dan apakah ada Peningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Index Card Match Berbantuan Media Mistar Hitung Di Kelas III SD Negeri 0901 Tanjung Baringin Kecamatan Huristak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui model pembelajaran Index Card Match berbantuan Media Mistar Hitung dikelas III SDN 0901 Tanjung Baringin Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing terdiri dari empat kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 0901 Tanjung Baringin Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas yang berjumlah 15 orang. Instrumen pengumpulan data dengan tes pemahaman konsep siswa dan lembar observasi kegiatan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pemahaman konsep siswa meningkat pada materi perkalian melalui model pembelajaran Index Card Match berbantuan Media Mistar Hitung, hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil tes pemahaman konsep siswa dimana rata-rata tes meningkat yaitu 58,33 pada tes awal menjadi 64,73 pada tes siklus I pertemuan 1 dan menjadi 70 pada tes siklus I pertemuan 2 dan menjadi 74,33 pada siklus II pertemuan 1 dan meningkat menjadi 80 pada siklus II pertemuan 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pd dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Pemahaman Konsep; Model Pembelajaran; Index Card Match; Media Mistar Hitung; Perkalian
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 28 Jun 2021 04:08
Last Modified: 28 Jun 2021 04:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6717

Actions (login required)

View Item View Item