Harahap, Gusti Salmi (2021) Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui metode eksperimen pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas V SDN 200406 Padangsidimpuan Hutaimbaru. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620500108.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru belum sepenuhnya mengaplikasikan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 dengan penggunan metode yang bervariasi, sesuai dengan materi yang diajarkan materi perubahan wujud benda pada tema peristiwa dalam kehidupan di SDN 200406 Padangidimpuan Hutaimbaru. Sehingga siswa kurang bersemangat dalam melakukan pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar kognitif siswa yang masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan metode eksperimen di kelas V SDN 200406 Padangsidimpuan Hutaimbaru, sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui metode eksperimen pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas V SDN 200406 Padangsidimpuan Hutaimbaru. Hasil belajar kognitif adalah perolehan kemampuan dalam mengolah atau berpikir menggunakan intlektual yang hasilnya akan menambah pengetahuan yang dimiliki. Perubahan wujud benda adalah berubahnya bentuk suatu benda yang disebabkan karena beberapa faktor. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan kolaborasi dengan guru, yang dimana peneliti sebagai pelaksana tindakan dan guru sebagai observer. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan II siklus, dalam satu siklus terdapat 2 kali pertemuan. Hasil penelitian dengan penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 200406 Padangsidimpuan Hutaimbaru. Dilihat dari hasil belajar siswa, pra-siklus yaitu nilai rata-rata 61,58 dengan persentase ketuntasan 24,13%, pada sikus I pertemuan 1 nilai rata-rata kelas adalah 74,13 dengan persentase 48,27% siswa yang tuntas, pada pertemuan 2 nilai rata-rata kelas sebesar 78,62 dengan persentase 65,51% siswa yang tuntas. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata kelas 81,34 dengan persentase 75,86% siswa yang tuntas, pada pertemuan 2 nilai rata-rata kelas sebesar 87,75 dengan persentase 82,75% siswa yang tuntas. Karena sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah peneliti targetkan maka penelitian ini dihentikan pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Syafrilianto, M.Pd |
Keywords: | Metode Eksperimen; Perubahan Wujud Benda; Hasil Belajar Kognitif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 03:56 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 03:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6716 |
Actions (login required)
View Item |