Pane, Lisna Wildayanti (2021) Upaya tokoh agama dalam membina kemampuan baca Al-Qur’an anak di Desa Aek Uncim Kecamatan Tantom Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1520100096.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurannya kemampuan baca Al-Qur‟an anak di desa Aek Uncim.kewajiban setiap muslim dalam menuntut ilmu Al�Qur‟an dan terdapatnya anak yang belum mampu membedakan makhraj huruf Al�Qur‟an. Penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pembinaan keagamaan sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori- teori yang berkaitan dengan bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya tokoh agama dalam membina kemampuan baca Al-Qur‟an anak di Desa Aek Uncim Kecamatan Tantom Angkola ? Kendala apa yang di hadapi tokoh Agama dalam membina kemampuan baca Al-Qur‟an Anak di Desa Aek Uncim Kecamatan Tantom Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan ? Apa upaya tokoh agama mengatasi kendala kemampuan baca Al- Qur‟a anak di desa Aek Uncim Kecamatan Tantom Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan? Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh tokoh agama dalam membina kemampuan baca Al�Qur‟an anak di desa Aek Uncim Kecamatan Tantom Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan ? Untuk mengetahui kendala tokoh agama dalam membina kemampuan baca Al-Qu‟an anak di desa Aek Uncim Kecamatan Tantom Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan ? Untuk mengetahui upaya tokoh agama dalam mengatasi kendala kemampuan baca Al-Qur‟an anak di desa Aek Uncim Kecamatan Tantom Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan yaitu penelitian yang dilakukan dengan pendekatan yang berorientasi pada fenomena-fenomena yang diamati dan diolah dengan menggunakan logika ilmiah. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang mengambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni apa adanya. Hasil Penelitian menujukkan upaya yang dilakukan tokoh agama membuat lembaga pendidikan nonformal dan pembelajaran baca Al-Qur‟an, meminta dukungan masyarakat dalam pemberantasan buta aksara Al- Qur‟an dan bekerja sama dengan pemerinta dalam memberantas buta aksara Al-Qur`an. Kendala yang dihadapi guru/tokoh agama dalam pembinaan kemampuan baca Al-Qur`an anak adalah latar belakang dan minat belajar anak, waktu belajar yang terlalu singkat, dan orangtua kurang memerhatikan anak, Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala pembinaan kemampuan baca Al-Qur`an yaitu member pujian dan hadiah kepada anak yang lebih bagus bacaanya, mengaktifkan tutor sebaya dan.melakukan kerja sama dengan orangtua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. |
Keywords: | Tokoh Agama; Membina; Kemampuan Baca Al-Qur’an |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 09:10 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 09:10 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6712 |
Actions (login required)
View Item |