Daulay, Nur Alima (2020) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar Al-Qur’an Hadis pada siswa kelas III di MIN 1 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620100101.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Dalam setiap pembelajaran di sekolah MIN 1 Padangsidimpuan tidak akan pernah terlepas dari kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik khususnya dalam pelajaran Al-Qur’an Hadis. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengtasi kesulitan belajar Al�Qur’an Hadis untuk mencapai kompetensi inti dan kompetensi dasar dari pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Upaya adalah usaha untuk mencapai suatu maksud dan guru adalah profesi atau jabatan yang tugasnya mendidik, mengajar, dan melatih peserta didik. Belajar merupakan proses manusia untuk mencapai berbagai macam kompetensi, keterampilan dan sikap. Kesulitan belajar adalah suatu keadaan dimana peserta didik dapat belajar sebagaimana mestinya. Latar belakang masalah di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut; Bagaimana kesulitan belajar yang dihadapi oleh peserta didik pada pelajaran Al-Qur’an Hadis,Faktor Apa saja yang memyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar Al-Qur’an Hadis,Bagaimana Upaya guru kelas III dalam mengatasi kesulitan belajar Al-Qur’an Hadis.Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar Al-Qur’an Hadis untuk mencapai kompetensi inti dan kompetensi dasar dari pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yaitu peneliti ingin mengungkapkan apa yang menjadi realitas dan pengalaman yang dialami individu dengan langsung ke lapangan, mendeskripsikan dan mengkontruksi realitas yang ada serta melakukan pendekatan terhadap sumber informasi, sehingga diharapkan data yang didapatkan akan lebih maksimal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitain ini adalah kesulitan yang dialami murid kelas III pelajaran Al-Qur’an Hadis adalah: kesulitan ilmu tajwid, makhorijul huruf, kesulitan membaca dan kesulitan menghafal. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar Al-Qur’an Hadis adalah: konsentrasi murid yang kurang baik, tingkat kecerdasan sebagian anak dibawah standart, kondisi kelas yang kurang baik, kurang aktifnya murid di kelas, dan kurangnya media pembelajaran. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar Al-Qur’an Hadis adalah: mengadakan bimbingan belajar diluar jam pelajaran, penataan ruangan kelas, meningkatkan sarana dan prasarana, memberikan motivasi, membuat kelompok dan mendemonstrasikan ayat/hadis secara kelompok atau individu, membuat latihan baik di sekolah atauapun di rumah, dan mengadakan model pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Syafnan, M.Pd. dan Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. |
Keywords: | Guru; Belajar; Al Qur’an Hadis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 03:57 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 03:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6704 |
Actions (login required)
View Item |