Hasibuan, Derlina (2021) Pengaruh keterampilan menjelaskan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa Sekolah Dasar Negeri 0903 Gonting Julu Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620500042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep Matematika siswa Sekolah Dasar Negeri 0903 Gonting Julu, Kecamatan Huristak, Kabupaten Padang Lawas pada materi pecahan. Salah satu penyebabnya adalah keterampilan menjelaskan yang digunakan guru masih kurang bervariasi sehingga kurang menarik perhatian siswa untuk mengikuti pembelajaran Matematika, yang berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep Matematika siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat beda antara kelas sebelum diberikan perlakuan keterampilan menjelaskan dengan sesudah diberikan perlakuan keterampilan menjelaskan dan apakah terdapat beda antara kelas yang diberikan perlakuan keterampilan menjelaskan dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan keterampilan menjelaskan di Sekolah Dasar Negeri 0903 Gonting Julu, Kecamatan Huristak, Kabupaten Padang Lawas. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada beda antara kelas sebelum diberikan perlakuan keterampilan menjelaskan dengan sesudah diberikan keterampilan menjelaskan dan untuk melihat apakah terdapat beda antara kelas yang diberikan perlakuan keterampilan menjelaskan dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan keterampilan menjelaskan di Sekolah Dasar Negeri 0903 Gonting Julu, Kecamatan Huristak, Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasy experimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Dasar Negeri 0903 Gonting Julu dengan jumlah 316 siswa. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 0903 Gonting Julu dengan jumlah 64 siswa. Pengelolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil pengujian uji-t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai signifikan < 0,05. Maka ditolak dan diterima (nilai Sig. pada uji-t independent = 0,000 < 0,05) artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep Matematika siswa pada kelas sebelum diberikan perlakuan keterampilan menjelaskan dengan kelas yang diberikan perlakuan keterampilan menjelaskan. Dan juga kemampuan pemahaman konsep Matematika siswa pada kelas yang diberikan perlakuan keterampilan menjelaskan dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan keterampilan menjelaskan di Sekolah Dasar Negeri 0903 Gonting Julu, Kecamatan Huristak, Kabupaten Padang Lawas memiliki perbedaan yang signifikan dilihat dari nilai Sig (2-tailed) pada uji-t berpasangan = 0,002 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd. |
Keywords: | Keterampilan Menjelaskan; Pemahaman Konsep; Pecahan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 18 Jun 2021 07:21 |
Last Modified: | 18 Jun 2021 07:21 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6698 |
Actions (login required)
View Item |