Siregar, Indah Khairunisah (2021) Penerapan media gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN 18 Rantau Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620500013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas. Hal ini disebabkan karena stimulus yang dilakukan oleh seorang guru untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa belum dilakukan dengan media gambar. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahu apakah dengan penerapan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN 18 Rantau Selatan, dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran gambar tema lingkungan sahabat kita kelas V SDN 18 Rantau Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Sebagai subjek adalah siswa kelas V SDN 18 Rantau Selatan yang berjumlah 16 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi siswa. Hasil penelitian pada pra siklus rata-rata siswa 59,37 dan siklus I pertemuan ke-1 sebesar 60,94. Kemudian pada pertemuan ke-2 terdapat peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa sebesar 69,38. Pada siklus II pertemuan ke-1 tetap mengalami peningkatan yaitu 74,68 dan pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata semakin meningkat menjadi 84,69. Dengan kata lain persentase ketuntasan belajar siswa pada pra siklus 6,25% kemudian pada siklus I pertemuan ke-1 sebesar 25% dan pada siklus I pertemuan ke-2 persentase meningkat menjadi 37,5%. Sedangkan pada siklus II pertemuan ke-1 62,5% dan siklus II pertemuan ke-2 meningkat menjadi 81,25%. Setiap pertemuan mulai dari prasiklus sampai ke siklus II mengalami peningkatan adapun selisih peningkatan setiap pertemuannya adalah prasiklus ke siklus I pertemuan ke-1 sebesar 18,75% siklus I pertemuan-1 ke siklus I pertemuaan ke-2 sebesar 12,5%. dari siklus I pertemuan ke-2 sampai siklus II pertemuan ke-1 sebesar 25%. Siklus II pertemuan ke-1 ke siklus II pertemuan ke-2 sebesar 18,75%. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan deskripsi siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya media gambar siswa Kelas V SDN 18 Rantau Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd. |
Keywords: | Media Gambar; Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 18 Jun 2021 01:13 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 01:48 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6695 |
Actions (login required)
View Item |