Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan metode drill (latihan) dalam upaya meningkatkan keterampilan sholat siswa kelas VI SD Negeri 200 Kotanopan

Israk, Laila (2021) Penggunaan metode drill (latihan) dalam upaya meningkatkan keterampilan sholat siswa kelas VI SD Negeri 200 Kotanopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100090.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di sekolah SD Negeri 200 Kotanopan, pada saat itu yang menjadi guru adalah Ibu Samsidar S.Pd.I. Setelah dilakukan tes ternyata 10 dari 25 orang siswa kurang lancar mengucapkan bacaan sholat. Menurut peneliti hal ini disebabkan metode yang dilakukan guru belum tepat atau sesuai, dimana metode pembelajaran yang digunakan guru masih metode ceramah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah ada peningkatan keterampilan sholat siswa setelah menggunakan metode Drill (Latihan) pada materi pokok sholat di SD Negeri 200 Kotanopan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan sholat siswa setelah menggunakan metode Drill (Latihan) pada materi pokok sholat di SD Negeri 200 Kotanopan. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 200 Kotanopan. Hasil penelitian adalah bahwa penggunaan metode Drill (Latihan) pada materi pokok sholat dalam upaya meningkatkan keterampilan sholat siswa kelas VI SD Negeri 200 Kotanopan pada mulanya dapat dinilai dengan cukup. Namun, dengan adanya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menjadikan keterampilan sholat siswa semakin meningkat pada materi pokok sholat yang membahas tentang gerakan dan bacaan sholat yang benar. Hal ini dapat dinyatakan adanya peningkatan keterampilan sholat siswa pada materi pokok sholat dapat dilihat berdasarkan dari tes awal hingga siklus II pertemuan kedua. Maka dari itu dapat dinyatakan bahwa dengan menerapkan metode Drill (Latihan) pada materi sholat dalam upaya meningkatkan keterampilan sholat siswa kelas VI SD Negeri 200 Kotanopan. Hal ini dapat dinyatakan adanya peningkatan keterampilan sholat siswa pada materi pokok sholat dapat dilihat berdasarkan dari kondisi awal (prasiklus) yaitu 53,33% pada gerakan sholat siklus I 64,66% dan siklus II 94,66% sedangkan persentase peningkatan dari kondisi awal (prasiklus) 54,66% pada bacaan sholat siklus I 75, 33% dan siklus II 95,33%. Jadi, keterampilan sholat siswa baik gerakan maupun bacaan benar-benar meningkat dan sudah termasuk pada kategori baik dilihat pada akhir siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Muhlison, M.Ag
Keywords: Metode; Drill; Latihan; Keterampilan Sholat
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 17 Jun 2021 01:35
Last Modified: 17 Jun 2021 01:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6692

Actions (login required)

View Item View Item