Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran giving question and getting answer terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan fungsi komposisi kelas X di Sekolah Yayasan Ponpes Mardhatillah Tanoponggol

Harahap, Mimi Lomona (2021) Pengaruh model pembelajaran giving question and getting answer terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan fungsi komposisi kelas X di Sekolah Yayasan Ponpes Mardhatillah Tanoponggol. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya hasil belajar matematika siswa khususnya siswa kelas X di sekolah Yayasan Ponpes Mardhatillah Tanoponggol, rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh ketidak aktifan siswa dalam pembelajaran karena cara proses mengajar guru yang terlalu monoton terhadap metode pembelajaran yang konvensial, sehingga hasil belajar Matematika siswa pada aspek kognitif tergolong rendah dibawah KKM. Salah satu model yang inovatif bisa digunakan adalah model pembelajaran Giving Question And Getting Answer. Model pembelajaran ini merupakan salah satu model yang berguna sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan fungsi komposisi Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar materi Fungsi Komposisi di kelas kontrol dan eksperimen, apakah ada pengaruh yang signifikan antara model Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Fungsi Komposisi Kelas X di Sekolah Yayasan Ponpes Mardhatillah Tanoponggol. Rumusan masalah ini merupakan tujuan dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X Yayasan Ponpes Mardhatillah Tanoponggol tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah kelas kontrol untuk nilai pre-test memperoleh rata�rata 62,86 berada pada kategori “cukup”, dan kelas eksperiman 63,21 berada pada kategori “cukup”, sedangkan untuk nilai post-test pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 73,21 berada pada kategori “baik”, dan kelas eksperiman 77,32 berada pada kategori “baik”, dan ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer. Hasil yang diperoleh = 4,41 > = 2,004. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap hasil belajar Matematika pada pokok bahasan Fungsi komposisi Kelas X di sekolah Yayasan Ponpes Mardhatillah Tanoponggol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Model Pembelajaran; Giving Question and Getting Answer; Hasil Belajar; Fungsi Komposisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:50
Last Modified: 16 Jun 2021 02:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6686

Actions (login required)

View Item View Item