Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika pembelajaran jarak jauh oleh guru MI Model Panyabungan pada masa new normal

Sakdiah, Halimatus (2021) Problematika pembelajaran jarak jauh oleh guru MI Model Panyabungan pada masa new normal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problematika pembelajaran jarak jauh yang berkaitan dengan ancaman serius virus corona atau Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang menyebar di dunia khususnya Indonesia. Pendidikan saat ini menjadi dasar dari kemajuan pembangunan generasi bangsa. Indonesia sedang menghadapi wabah pandemi Covid-19 maka pemerintah menerapkan kebijakan pembelajaran secara daring atau pembelajaran jarak jauh dimana peserta didik diharuskan belajar di rumah untuk menghindari terpaparnya Covid-19. Banyak hambatan dan rintangan dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Pemerintah menggulirkan wacana "New Normal" termasuk juga ke dalam bidang pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada masa new normal oleh guru MI Model Panyabungan, apa saja problematika pembelajaran jarak jauh yang dialami guru MI Model Panyabungan pada masa new normal, dan bagaimakah solusi yang dilakukan guru MI Model Panyabungan dalam mengatasi problematika pembelajaran jarak jauh pada masa new normal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif. Tahap pertama penelitian ini adalah memahami dengan utuh pelaksanaan pembelajaran jarak jauh oleh guru MI Model Panyabungan pada masa new normal. Setelah itu menganalisis kategori problematika pembelajaran jarak jauh oleh guru MI Model Panyabungan pada masa new normal, dan solusi yang digunakan guru dalam mengatasi problematika pembelajaran jarak jauh pada masa new normal. Intrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi di MI Model Panyabungan. Hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada masa new normal adalah kemampuan guru terbatas dalam menggunakan teknologi pada pembelajaran jarak jauh, konten materi yang disampaikan secara daring belum tentu bisa dipahami peserta didik, orang tua dan siwa yang tidak memiliki android atau bergiliran menggunakannya, jaringan, fasilitas, dan keterbatasan kuota yang kurang memadai, dan atar belakang orang tua peserta didik. Problematika yang muncul pada masa new normal menjadi permasalahan pada pembelajaran jarak jauh di MI Model Panyabungan yang jika terus dibiarkan akan memiliki dampak negatif terhadap hasil belajar siswa serta menghambat kelancaran proses pembalajaran di MI Model Panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Problematika; Pembelajaran Jarak Jauh; New Normal
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:04
Last Modified: 15 Jun 2021 02:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6681

Actions (login required)

View Item View Item