Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran index card match terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan barisan dan deret di kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Panyabungan

Lubis, Leli Mariani (2016) Pengaruh model pembelajaran index card match terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan barisan dan deret di kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal barisan dan deret dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar matematika siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran index card match terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan barisan dan deret di kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Panyabungan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok non ekuivalen (untreated control group design with pretest and postest). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi yang terdiri dari XI Akuntansi 1 dan XI Akuntansi 2, yang berjumlah 73 siswa, sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara purposive sampling, sehingga diperoleh kelas XI Akuntansi 2 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Akuntansi 1 dengan jumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk multiple choice yang berjumlah 10 soal materi barisan dan deret aritmatika. Data yang terdapat dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji persyaratan analisis. Analisis data dilakukan dengan chi-kuadrat, uji kesamaan varians, dan uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t yang diperoleh yaitu thitung = 3.37 > ttabel = 1.67, sehingga penolakan H0 dan penerimaan Ha. Penelitian ini menyimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan (meyakinkan) antara penggunaan model pembelajaran index card match terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan barisan dan deret di kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran index card match; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2020 07:20
Last Modified: 17 Apr 2020 07:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/668

Actions (login required)

View Item View Item