Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri 106 Aek Galoga Kabupaten Mandailing Natal

Hasibuan, Nurintan (2021) Penggunaan metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri 106 Aek Galoga Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 106 Aek Galoga pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya yaitu penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan juga materi yang begitu banyak. Oleh karena itu diperlukan metode yang dapat mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 106 Aek Galoga melalui penggunaan metode Mind Mapping dalam proses pembelajaran pada materi sistem pernapasan pada hewan dan manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 106 Aek Galoga yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 106 Aek Galoga. Pada tes awal diperoleh nilai rata-rata sebesar 56 dengan persentase ketuntasan 28%. Pada siklus I diperoleh peningkatan dengan nilai rata�rata 68,2 dan persentase ketuntasan sebesar 68%. Kemudian pada tes siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 90,4 dengan persentase ketuntasan sebesar 84%. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan sampai siklus II sebesar 56%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Anhar, MA dan Syafrilianto, M.Pd
Keywords: Metode Mind Mapping; Hasil Belajar; Pembelajaran IPA
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 15 Jun 2021 01:43
Last Modified: 15 Jun 2021 01:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6679

Actions (login required)

View Item View Item