Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penguasaan konsep pecahan terhadap hasil belajar pokok bahasan perbandingan pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan

Lubis, Nurhana (2021) Pengaruh penguasaan konsep pecahan terhadap hasil belajar pokok bahasan perbandingan pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200087.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang menguasai konsep pecahan sehingga siswa berkesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan pokok bahasan perbandingan. Dapat di lihat dari tes awal yang dilakukan, bahwa siswa belum menguasai konsep pecahan yaitu pada pembagian bilangan pecahan sehingga menghasilkan rendahnya hasil belajar perbandingan itu sendiri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) penguasaan konsep pecahan di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan, 2) hasil belajar perbandingan pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan 3) Pengaruh yang signifikan dari penguasaan konsep pecahan terhadap hasil belajar matematika perbandingan di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Untuk mengumpulkan data yang di butuhkan secara kuantitatif dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu tes. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis dilaksanakan secara kuantitatif yang menggunakan analisis product moment, koefisien determinan, uji t dan analisis regresi linear. Penelitian ini memiliki populasi siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan yang berjumlah 118 siswa dan sampel berjumlah 28 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) rata-rata penguasaan konsep pecahan siswa berada pada kategori “cukup” begitu juga dalam 2) hasil belajar pokok bahasan perbandingan siswa berada pada kategori “cukup”. 3) hasil koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,651 yang menandakan terdapat pengaruh antara kedua variabel, yaitu “kuat”. Hasil analisis data yang menunjukkan bahwa > atau 4,373 > 1,706 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan konsep pecahan terhadap hasil belajar pokok bahasan perbandingan pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan. Adapun sumbangan X terhadap Y sebesar 42,38% dan nilai dari variabel Y dapat di prediksi oleh variabel X berdasarkan persamaan regresi linear Ŷ = 15,14 + 0,73Χ.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Penguasaan Konsep Pecahan; Hasil Belajar; Pokok Bahasan Perbandingan
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:22
Last Modified: 11 Jun 2021 03:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6676

Actions (login required)

View Item View Item