Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik melalui model pembelajaran NHT (numbered head together) pada tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di MIS Hajijah Amalia Sari Kota Padangsidimpuan

Marito, Sila Sinta (2021) Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik melalui model pembelajaran NHT (numbered head together) pada tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di MIS Hajijah Amalia Sari Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah atau saat proses pembelajaran berpusat kepada guru. Sedangkan siswa hanya mendengarkan saja sehingga siswa merasa jenuh, mengantuk dan merasa bosan.Untuk itu peneliti mencoba mencari model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together). tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di MIS Hajijah Amalia Sari Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di MIS Hajijah Amalia Sari Kota Padangsidimpuan, dengan subjek penelitian kelas III yang berjumlah 15 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data kualitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Kognitif peseta didik dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) mengalami peningkatan mulai dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 72 dengan persentase ketuntasan 47%. Pada siklus I pertemuan II diperoleh nilai rata�rata 77 dengan persentase keruntasan 60%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I dengan nilai rata-rata 82 dengan persentase ketuntasan 73%. Pada siklus II pertemuan II dengan nilai rata-rata 84,2 dengan persentase ketuntasan 80% menunjukkan hasil belajar kognitif peserta didik tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Syafrilianto, M.Pd
Keywords: Model Pembelajaran NHT; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:04
Last Modified: 11 Jun 2021 03:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6675

Actions (login required)

View Item View Item