Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qu’an Hadits di MTs Negeri 2 Tapanuli Tengah

Siregar, Israwati (2021) Upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qu’an Hadits di MTs Negeri 2 Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Berdasarkan hasil pengamatan peneliti, bahwa kenyataan yang terjadi dilapangan masih jauh dari harapan�harapan yang ada. Masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami dan menerima materi yang dijelaskan oleh guru. ketika proses pembelajaran berlangsung sebagian besar siswa cenderung pasif tanpa mau menanggapi materi yang di sampaikan guru, duduk diam dan hanya mendengarkan dan mencatat yang diberikan oleh guru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prestasi belajaran Al-Qur‟an Hadits pada siswa di kelas VIII-1 MTS Negeri 2 Tapanuli Tengah, apa upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar Al�Qur‟an Hadits di MTS Negeri 2 Tapanuli Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat prestasi belajar Al-Qur‟an Hadits siswa kelas VIII-1 MTS Negeri 2 Tapanuli Tengah, untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur‟an Hadits di MTS Negeri 2 Tapanuli Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dalam bentuk deskriptif. Instrumen pengumpulan data dari tata usaha, yang digunakan terdiri dari observasi lapangan, wawancara langsung dengan kepala sekolah, wali kelas, guru Al-Qur‟an Hadits, siswa kelas VIII-1, dokumentasi siswa binaan hafidz Al-Qur‟an dan daftar prestasi perlombaan Musabaqoh Tilawatil Qur‟an (MTQ). Hasil penelitian dari upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur‟an Hadits di MTS Negeri 2 Tapanuli Tengah adalah: disiplin dalam mengikuti binaan hafidz Qur‟an, terampil dalam belajar, siswa mengikuti perlombaan MTQ antar sekolah, guru membuat peraturan kepada siswa saat belajar Al-Qur‟an Hadits, menentukan jadwal pertemuan anatara guru dan siswa saat belajar Al-Qur‟an Hadits, adanya metode, tugas dan muraja‟ah hapalan ayat. Kesimpulan skripsi ini menjelaskan bagaimana upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa; memberikan motivasi kepada siswa, menggunakan metode yang bervariasi, memberikan tugas dan penghargaan kepada siswa, membimbing siswa untuk tetap muraja‟ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Nurfin Sihotang, MA., Ph.D dan Hamdan Hasibuan, S.Pd., M.Pd
Keywords: Upaya Guru; Meningkatkan Prestasi; Belajar; Al-Qur’an Hadits
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 09 Jun 2021 03:59
Last Modified: 09 Jun 2021 03:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6665

Actions (login required)

View Item View Item