Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui model kooperatif tipe jigsaw pada materi nilai-nilai pancasila di kelas V SDN 347 Batahan Mandailing Natal

Rahma, Siti (2021) Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui model kooperatif tipe jigsaw pada materi nilai-nilai pancasila di kelas V SDN 347 Batahan Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500113.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PPKn materi Nilai-nilai Pancasila. Hal ini terjadi karena guru kurang memahami penerapan model pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran, pada proses pembelajaran belum melibatkan siswa secara optimal, dan pembelajaran cenderung berpusat kepada guru dengan model pembelajaran yang kurang menarik. Upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi Nilai-nilai Pancasila. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian PTK dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat kali pertemuan.Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan tes dan lembar observasi dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi Nilai-nilai Pancasila di kelas V SDN 347 Batahan Mandailing Natal. Hasil belajar siswa sebelum diberikan tindakan mendapat nilai rata-rata 67,22 dengan Persentase ketuntasan belajar 33,33%. Setelah guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada Siklus I Pertemuan ke-1 hasil belajar siswa memiliki nilai rata�rata 73,88 dengan Persentase 40,74%, dan pada Siklus I pertemuan ke-2 hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 77,88 dengan persentase ketuntasan 62,97%. Pada siklus II pertemuan ke-1 hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 79,44 dengan persentase 77,78% dan pada siklus II pertemuan ke-2 hasil belajar siswa semakin meningkat dengan nilai rata-rata 84,44 dengan persentase 88,89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi nilai-nilai Pancasila di kelas V SDN 347 Batahan Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd. dan Syafrilianto, M.Pd
Keywords: Hasil Belajar Kognitif Siswa; Nilai-Nilai Pancasila; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 09 Jun 2021 01:45
Last Modified: 09 Jun 2021 01:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6663

Actions (login required)

View Item View Item