Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar baca tulis Al-Qur’an siswa di kelas V SDN 200508 Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan

Sahro, Koimah (2021) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar baca tulis Al-Qur’an siswa di kelas V SDN 200508 Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100099.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan belajar dalam membaca dan menulis Al-Qur’an masih ditemui antara lain tidak semua siswa bisa membaca dan menulis Al-Qur’an seperti: tidak memahami huruf-huruf hijaiyyah, tidak memahami tanda baca, tidak memahami tajwid, dan susahnya menulis huruf�huruf hijaiyyah, untuk itu diperlukan strategi guru dalam mengatasi baca tulis Al�Qur’an. Rumusan masalah penelitian ini adalah apa saja kesulitan belajar baca tulis Al-Qur’an di SDN 200508 Sihitang Padangsidimpuan, dan bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar baca tulis Al�Qur’an di SDN 200508 Sihitang Padangsidimpuan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan untuk menganalisisnya dilakukan secara interaktif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kesulitan belajar yang dialami siswa antara lain: tidak memahami huruf-huruf hijaiyyah, tidak memahami tanda baca, tidak mahami tajwid, dan susahnya menulis huruf-huruf hijaiyyah, 2) strategi guru dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an yakni: memberikan motivasi, menyarankan kepada kedua orang tua belajar mengaji dirumah, metode mengulangi pelajaran, menambah jam di luar jam pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Samsuddin, M.Ag. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A
Keywords: Strategi Guru; Kesulitan Belajar; Siswa SD
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 07 Jun 2021 03:52
Last Modified: 07 Jun 2021 03:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6656

Actions (login required)

View Item View Item