Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisa kesulitan siswa dalam menjawab soal problem solving pada pokok bahasan peluang di kelas IX SMP N 2 Muara Batang Gadis

Risna, Risna (2016) Analisa kesulitan siswa dalam menjawab soal problem solving pada pokok bahasan peluang di kelas IX SMP N 2 Muara Batang Gadis. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0123.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitankesulitan yang dihadapi siswa dalam menjawab soal problem solving materi peluang dilihat dari beberapa sub rumusan masalah diantaranya: menjelaskan pengertian populasi dan sampel, menentukan ruang sampel dari suatu percobaan, menentukan nilai frekuensi relative munculnya suatu kejadian, dan menentukan nilai frekuensi harapan munculnya suatu kejadian. Berdasarkan latar belakang penelitian diatas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menjaawab soal problem solving pada pokok bahasan peluang Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif. Sumber data dalam penelitian adalah siswa kelas IX SMP N 2 Muara Batang Gadis yang berjumlah 47 orang, guru bidang studi matematika, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah. dimana dalam penentuan sampelnya dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Kemudian instrument yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Adapun bentuk-bentuk kesulitan yang dihadapi siswa dalam menjawab soal problem solving adalah: Siswa tidak dapat memahami soal yang berbentuk cerita, siswa tidak dapat mengingat rumus, ketidak mampuan siswa menangkap arti dari setiap symbol atau lambang-lambang yang ada pada rumus dengan benar, Siswa merasa kesulitan apabila menemukan soal yang berbeda dari contoh soal yang telah diajarkan, siswa tidak mampu mengerjakan soal yang berbentuk pemecahan masalah atau penyelesaian soal yang berbentuk analisis, siswa kurang mengetahui pengaplikasian rumus terhadap setiap jenis soal, tidak mengetahui sama sekali cara pengerjaan soal. Ini disebabkan karena siswa kurang banyak latihan dan cenderung hanya mencukupkan materi dan soal yang telah diberikan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis kesulitan; soal problem solving
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2020 07:51
Last Modified: 17 Apr 2020 07:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/665

Actions (login required)

View Item View Item