Lisdawani, Lisdawani (2021) Penggunaan alat peraga untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun datar pada siswa kelas VII Pesantren As-Sarifiyah Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200083.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memahami gambar atau bangun, sehingga menyebabkan siswa malas atau bosan untuk mempelajari pembelajaran matematika. Guru yang menejelaskannya terlalu monoton dan tanpa inovasi maka perlu diadakan sebuah alat bantu guna untuk membuat siswa tertarik dalam belajar dan lebih memamhami konsep dengan baik sehingga mereka lebih mudah untuk mengigat dan memahaminya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penggunaan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun datar siswa di kelas VII di Pesantren As-sarifiyah Padang Lawas Utara?. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas . Adapun populasi dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII Pesantren As-sarifiyah Padang Lawas Utara yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan dokumentasi sedangkan data analisis dengan menggunakan tehnik diskriptif. Tujuan penelitian adalah dengan penggunaan alat peraga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bangun datar pada siswa kelas VII Yayasan Pondok pesantren As-Syarifiyah Padang Lawas Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian nilai siswa sangat meningkat mulai dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Dengan hasil yaitu peningkatan hasil belajar dari data awal hasil pra siklus dengan data siklus I dan siklus II yaitu untuk pra siklus 56,48 dan pada siklus I pertemuan pertama yaitu 68,9 dan pada siklus II Pertemuan II yaitu 73,2 dan pada siklus II pertemuan pertama yaitu 79,2 dan untuk siklus II pertemuan II yaitu 84,48 rata-rata awal hanya 56,48 menjadi 71.08 pada siklus I kemudian meningkata menjadi 81,84 pada siklus II.Sedangkan presentase ketuntasan pada awal hanya 28% atau sebanyak 7 siswa sehingga meningkat pada siklus I yaitu mencapai 50% atau sebanayak 12,5 siswa dan meningkat pada siklus II yaitu 78% atau mencapai 19,5 siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd |
Keywords: | Alat Peraga; Tangram Matematika; Pemahaman Konsep |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 02 Jun 2021 01:36 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 01:36 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6641 |
Actions (login required)
View Item |