Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pendekatan contextual teaching and learning pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs NU Sihepeng

Hartini, Rahma (2016) Peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pendekatan contextual teaching and learning pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs NU Sihepeng. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat aktivitas belajar matematika siswa yang kurang. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang monoton dan penggunaan model pembelajaran yang tidak melibatkan siswa. Untuk mengatasi rendahnya aktivitas belajar siswa dapat digunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning yang mengharuskan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah pendekatan Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs NU sihepeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada materi kubus dan balok dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di kelas VIII MTs NU Sihepeng. Melalui penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning diharapkan pembelajaran lebih aktif dan bermakna bagi siswa sehingga pada akhirnya akan mampu memberikan dan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan kelas) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), Tindakan (action), Pengamatan (observasi), dan refleksi (reflection. Dalam penelitian ini bertindak sebagai observer, untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa maka instrumen yang digunakan yaitu tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Pendekatan Contextual teaching and Learning yang dilakukan mampu memperoleh peningkatan aktivitas belajar siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs NU Sihepeng pada setiap siklus peningkatan kegiatan aktivitas terjadi pada keseluruhan aktivitas belajar, sehingga diperoleh hasil peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I dan siklus II. Peningkatan kegiatan terjadi pada keseluruhan aktivitas belajar, (1) Visual Activities dari 44% menjadi 84%; (2) Mental Activities dari 48% menjadi 84%; (3) Oral Activities dari 56% menjadi 88%; (4) Emosional Activities dari 64% menjadi 88%; (5) WritingActivities dari 60% menjadi 84%; (6) ListeningActivities dari 56% menjadi 80%; (7) Drawing Activities dari 60 menjadi 84%; (8) Motor Activities dari 60% menjadi 88%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aktivitas; contextual teaching and learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2020 07:59
Last Modified: 17 Apr 2020 07:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/664

Actions (login required)

View Item View Item