Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis perbedaan kepuasan konsumen dalam menggunakan kartu Telkomsel dan XL di Padangsidimpuan

Zega, Riski Agustina (2021) Analisis perbedaan kepuasan konsumen dalam menggunakan kartu Telkomsel dan XL di Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Di era globalisasi ini banyak perusahaan yang bergerak di bidang jasa salah satunya pada sektor telekomunikasi. Dewasa ini, manusia tidak bisa terlepas dari handphone, karena menjadi salah satu alat komunikasi dan memberikan informasi. Handphone tidak akan berguna jika tidak memiliki SIM Card, untuk itu PT. Telkomsel dan PT. XL Axiata menyediakan kartu provider agar dapat digunakan untuk mencari informasi. Kartu telah menjadi salah satu kebutuhan untuk orang-orang yang berkerja online ataupun offline. Kartu Telkomsel dan XL lebih banyak digunakan oleh masyarakat Padangsidimpuan bahkan sebagian besar masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada perbedaan kepuasan konsumen dalam menggunakan kartu Telkomsel dan XL. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan analisis perbedaan kepuasan konsumen dalam menggunakan kartu Telkomsel dan XL. Sehubungan dengan itu, teori pendekatan yang dilakukan adalah teori yang berkaitan dengan kualitas produk dan harga. Penelitian ini merupakan peneltian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampel aksidental untuk menentukan ukuran sampel dari populasi maka peneliti menggunaka rumus Yamane Taro. Maka sampel yang digunakan dalam penelitian ini 100 responden untuk pengguna Telkomsel dan 100 responden untuk pengguna XL. Kemudian diolah dengan bantuan SPSS versi 23. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis uji beda. Analisis data menggunakan uji validitas dan uji reliabilias, uji normalitas, uji homogenitas serta uji Independent Sample T-Test Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dari hasil uji Independent Sample T-Test ada perbedaan kepuasan konsumen dalam menggunakan kartu Telkomsel dan XL yang signifikan dari segi kualitas produk dan harga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, SHI, M.Si dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M
Keywords: Kepuasan Konsumen; Kualitas Produk; Harga
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 31 May 2021 03:37
Last Modified: 31 May 2021 03:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6638

Actions (login required)

View Item View Item