Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’An di Pondok Pesantren Darul Ulum Muaramais Jambur Kabupaten Mandailing Natal

Rosadi, Ahmad (2021) Pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’An di Pondok Pesantren Darul Ulum Muaramais Jambur Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah santri yang mengikuti tahfidz Al�Qur‟an di Pondok Pesantren Darul Ulum yang kurang menerapkan disiplin. Hal ini dapat di lihat dari beberapa santri yang datang terlambat dan banyak yang tidak menghadiri halaqah tahfidz Al-Qur‟an tanpa keterangan yang jelas serta hafalan santri yang kurang lancar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Darul Ulum, apa faktor penghambat pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Darul Ulum, apa faktor pendukung pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Darul Ulum. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Darul Ulum, mengetahui faktor penghambat pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Darul Ulum, mengetahui faktor pendukung pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Darul Ulum. Metodologi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian deskriptif ini adalah sebuah bentuk yang pada dasarnya ditujukan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena�fenomena yang ada. Dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrument pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini adalah metode pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Darul Ulum yaitu fahmul mahfuzh dan tikrorul mahfuzh. Faktor penghambat pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Darul Ulum yaitu terlalu sibuk dengan tugas dan tidak sabar. Faktor pendukung pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Darul Ulum yaitu menggunakan rasm utmani dan adanya pembimbing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag. dan Hamdan Hasibuan, S.Pd., M.Pd
Keywords: Pembelajaran; Tahfidz Al-Qu'an; Pondok Pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 28 May 2021 08:31
Last Modified: 28 May 2021 08:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6630

Actions (login required)

View Item View Item