Yani, Nazmi Fatha (2021) Keterampilan guru SD dalam mengadakan variasi pada pembelajaran tematik kelas IV DI SD IT Bunayya Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620500033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang sehingga menimbulkan rasa jenuh dan bosan. Dalam proses pembelajaran, jenuh dan bosan sering menghampiri peserta didik sehingga proses pembelajaran menjadi terhambat. Variasi adalah salah satu cara yang membuat peserta didik tetap konsentrasi dan termotivasi untuk belajar. Dengan adanya variasi maka akan meningkatkan konsentrasi, meningkatkan perhatian, memupuk perilaku positif dan memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengembangkan kemampuannya. Penelitian ini merumuskan masalah tentang bagaimana keterampilan variasi gaya mengajar, penggunaan media dan pola interaksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan variasi gaya mengajar, penggunaan media dan pola interksi dalam pembelajaran di SD IT Bunayya Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah riset lapangan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan metode penelitiannya deskriptif. Penelitian deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang paling dasar ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik bersifat alamiah maupun rekayasa manusia. Sedangkan penelitian kualitatif ditujukan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut perspektif. Hasil penelitian menyatakan bahwasanya wali kelas IV-A (Bu Diana) sudah berusaha untuk menerapkan semua variasi dalam proses pembelajaran. Variasi yang paling baik diterapkan oleh Bu Diana adalah variasi gaya mengajar dan variasi pola inrteraksi, namun Bu Diana juga selalu berusaha untuk menampilkan media pembelajaran. Variasi yang paling baik yang telah diterapkan wali kelas IV-B (Bu Masna) adalah variasi gaya mengajar dan variasi penggunaan media pembelajaran. Variasi yang paling baik diterapkan oleh wali kelas IV-C (Bu Yumi) adalah variasi pola interaksi dan variasi gaya mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, MA dan Syafrilianto, M.Pd |
Keywords: | Keterampilan Guru; Variasi; Pembelajaran Tematik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 27 May 2021 04:44 |
Last Modified: | 27 May 2021 04:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6629 |
Actions (login required)
View Item |