Azizah, Rezki Nur (2021) Peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran make a match siswa kelas V SD Negeri 062 Mompang Jae. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620500022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kurang antusias, siswa kurang aktif, siswa tidak mau bertanya tentang materi pembelajaran dan pada saat materi pantun siswa kurang paham membedakan antara sampiran dan isi dalam proses pembelajaran. Sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan guru. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Rumusan masalah adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 062 Mompang Jae?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menggunakan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 062 Mompang Jae. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah kelas V SD Negeri 062 Mompang Jae yang terdiri 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tes awal persentase ketuntasan belajar sebesar 20 % (4 dari 20 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 62, siklus I pertemuan I persentase ketuntasan belajar sebesar 30 % ( 6 dari 20 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 67,5, siklus I pertemuan II persentase ketuntasan belajar sebesar 50 % (10 dari 10 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 73,25, jadi peningkatan persentase ketuntasan yang terjadi pada siklus I yaitu 20 % dan nilai rata-rata kelas yaitu 5, 75. Siklus II pertemuan I persentase ketuntasan belajar sebesar 75 % (15 dari 20 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 78,75, dan pada siklus II pertemuan II persentase ketuntasan belajar sebesar 90 % (18 dari 20 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 87. Jadi, peningkatan persentase ketuntasan yang terjadi pada siklus II yaitu 15 % dengan nilai rata-rata yaitu 8,25. Berdasarkan data dari setiap siklus dapat dilihat bahwa peningkatan mulai dari siklus I ke siklus II, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 062 Mompang Jae.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd. dan Erna Ikawati, M.Pd |
Keywords: | Hasil Belajar; Bahasa Indonesia; Model Pembelajaran Make A Match |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 05 May 2021 03:23 |
Last Modified: | 05 May 2021 03:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6622 |
Actions (login required)
View Item |