Martiyana, Martiyana (2021) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran student teams achievement division pada pokok bahasan operasi aljabar di kelas VIII MTS Babussalam Basilam Baru Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200079.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Temuan awal penelitian menunjukkan hasil belajar matematika masih rendah. Salah satu penyebabnya diamsusikan karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvesional. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: Apakah dengan menerapkan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) akan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Swasta Babussalam Basilam Baru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) akan meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan operasi aljabar pada siswa kelas VIII MTs Swasta Babussalam Basilam Baru. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu matematika. Sehubungan dengan itu penelitian ini menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk pilihan berganda dan lembar observasi. Sabjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Swasta Babussalam Basilam Baru. Tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada pokok bahasan operasi aljabar melalui model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division). Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai hasil rata-rata ulangan tengah semester seluruh siswa yaitu 45,31 dan jumlah yang memenuhi KKM sebanyak 8 siswa dengan persentase 25% dari 32 siswa. Pada siklus I dengan nilai rata-rata siswa 63,13 dan jumlah yang memenuhi KKM sebanyak 19 siswa dengan persentase 59% dari 32 siswa. Selanjutnya pada siklus II dengan nilai rata-rata siswa 76,56 dan jumlah yang memenuhi KKM sebanyak 28 siswa dengan persentase 87,5% dari 32 siswa. Berdasarkan tingkat persentase ketuntasan siswa yang telah mencapai ≥ 85% maka penelitian ini dihentikan sampai siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Suparni, S.Si, M.Pd dan Anhar, MA |
Keywords: | Model STAD; Hasil Belajar; Operasi Aljabar |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 05 May 2021 02:12 |
Last Modified: | 05 May 2021 02:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6619 |
Actions (login required)
View Item |