Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan JNE Cabang Padangsdidimpuan

Pasaribu, Sakinah (2021) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan JNE Cabang Padangsdidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200123.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Dengan perkembangan bisnis e-commerce yang terus melonjak dari tahun�ketahun juga membuat bisnis di bidang pelayanan jasa pengiriman barang semakin menunjukkan eksisnya dan berkembang juga dikarenakan bisnis e�commerce selalu menggandeng jasa pengiriman barang juga untuk memperlancar dalam proses produk yang dibeli sampai kepada pelanggan. Oleh karena itu peluang yang dimiliki jasa pengiriman barang tidak serta merta mengabaikan kepuasan pelanggan. Program peningkatan pelayanan tersebut menjadi sangat penting, mengingat sebagai perusahaan yang melayani masyarakat luas (public service), maka tuntutan pelayanan yang diberikan secara baik dan sebagaimana mestinya menjadi suatu keharusan. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan teori manajemen pemasaran. Pendekatan yang dilakukan berdasarkan teori-teori yang berkaitan dengan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dan sumber data Primer.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan jumlah sampel 95 orang. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji analisis deskriptif, uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis, uji t (parsial), uji koefisien determinasi (R2), uji koefisien korelasi (R), uji analisis regresi sederhana. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan JNE cabang Padangsidimpuan. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) diperolah nilai sebesar 0,326 atau (32,6%). Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel tentang kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan JNE sebesar 0,326 atau (32,6%). Sedangkan 67,4% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, MA dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M
Keywords: Kualitas; Pelayanan; Kepuasan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 04 May 2021 04:43
Last Modified: 04 May 2021 04:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6616

Actions (login required)

View Item View Item