Hasibuan, Rizkia Novrida (2021) Penerapan konseling cognitive behavioral therapy (CBT) dalam mengatasi kecanduan game online pada remaja di Desa Siolip Kecamatan Barumun Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1630200048.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini dimulai dari hasil, observasi terhadap remaja yang mengalami kecanduan game online di Desa Siolip sehingga mengakibatkan sebagian remaja ini mengalami kesulitan untuk berinteraksi dan menjalin hubungan positif dengan orang lain, bahkan menghambat perkembangan emosional, perilaku berlebihan ketika melakukan game online, hingga perilaku yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat, leh karena itu, dibutuhkannya penerapan Konseling Cognitive Behavioral Therapi (CBT) yang bertujuan untuk mengubah pola pikir dan perilaku remaja yang kecanduan game online agar menjadi berkurang dan menjadi lebih baik sebagaimana remaja yang positif dan ideal Rumusan masalah yang di bahas dalam penenelitian ini, (1) Faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kecanduan game online pada Remaja di Desa Siolip Kecamatan Barumun Tengah, (2) Bagaimana penerapan Konseling Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dalam mengatasi kecanduan game online pada Remaja di Desa Siolip Kecamatan Barumun Tengah, (3) Bagaimana hasil penerapan Konseling Cognitive Behavioral Theorapy (CBT) dalam mengatasi kecanduan game online pada remaja di Desa Siolip Kecamatan Barumun Tengah Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan lapangan. Sumber informan terdiri dari 25 orang. dipecah menjadi 2 Sumber, data primer 5 remaja yang kecanduan game online dan skunder 20 orang,remaja yang tidak kecanduan game, tetangga, kepala Desa . Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan cara observasi partisipan, dan wawancara tidak terstruktur. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa remaja yang kecanduan game online karena kurangnya perhatian orangtua awalnya (100%) dan sudah berubah (60%), faktor pertemanan awalnya (100%) dan sudah berubah (80%), dan penghilang setres awalnya (100%) dan sudah berubah (80%). penerapan konseling CBT dilakukan dalam 2 siklus berisi materi-matri tentang hal-hal buruk yang akan di timbulkan dari bermain game online seperti bisa membuat remaja terbiasa berkata-kata kotor, berbohong kepada orangtua, bermalas-malasan mengerjakan tugas sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Replita, M.Si. dan Fithri Choirunnisa Siregar, M.Psi |
Keywords: | Cognitive Behavioral Therapy; CBT; Game Online; Remaja |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 04 May 2021 04:04 |
Last Modified: | 04 May 2021 04:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6614 |
Actions (login required)
View Item |