Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui metode diskusi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri XI Gunung Tuleh

Fitriah, Fitriah (2021) Upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui metode diskusi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri XI Gunung Tuleh. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri XI Gunung Tuleh masih kurang keterampilan berbicara dalam berbahasa Indonesia yaitu siswa kurang percaya diri terhadap dirinya sendiri, dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari siswa cenderung pasif. Siswa malu berbicara di depan kelas, siswa lebih banyak, diam, tidak mau bertanya jika guru bertanya dalam pembelajaran. Siswa masih terbata-bata, dan ragu-ragu jika menceritakan atau menjelaskan materi yang sedang diajarkan. 27 siswa yang ada di dalam ruangan hanya 6 orang yang tergolong mempunyai kererampilan berbicara baik. Rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri XI Gunung Tuleh. Kab Pasaman Barat? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara melalui metode diskusi siswa kelas V SD Negeri XI Gunung Tuleh. Kab Pasaman Barat.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus dan setiap siklus terdiri 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan, refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas V SD Negeri XI Gunung Tuleh yang berjumlah 27 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi siswa. Hasil penelitian pada pra siklus rata-rata siswa 52,03 dan siklus I pertemuan ke-1 rata-rata sebesar 60,18 Kemudian pada pertemuan ke-2 terdapat peningkatan keterampilan berbicara siswa sebesar 67,22. Pada siklus II pertemuan ke-1 tetap mengalami peningkatan rata-rata yaitu 79,81 dan pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata semakin meningkat menjadi 82,29. Dengan kata lain persentase ketuntasan belajar siswa pra siklus 22,22% kemudian pada siklus I pertemuan ke-1 persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 37,03% dan pada siklus I pertemuan ke-2 persentase belajar siswa meningkat 44,44%. Sedangkan pada siklus II pertemuan ke-1 persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 76,92% dan siklus II pertemuan ke-2 meningkat menjadi 85,18%. Berdasarkan hasil pengamatan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas V SD Negeri XI Gunung Tuleh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd. dan Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Keterampilan Berbicara; Penelitian Tindakan Kelas; Metode Diskusi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 04 May 2021 03:31
Last Modified: 04 May 2021 03:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6612

Actions (login required)

View Item View Item