Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan kualitas hasil belajar siswa pada pokok bahasan multikultural menggunakan media video untuk kelas IV di SDN 347 Batahan Mandailing Natal

Delfianis, Delfianis (2021) Upaya meningkatkan kualitas hasil belajar siswa pada pokok bahasan multikultural menggunakan media video untuk kelas IV di SDN 347 Batahan Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran pada siklus I dan siklus II dalam upaya meningkatkan kualitas hasil (minat) belajar siswa pada pokok bahasan multikultural menggunakan media video untuk kelas IV di SDN 347 Batahan Mandailing Natal. Peneliti juga bertujuan untuk mengetahui perubahan setelah melakukan siklus dalam proses pembelajaran agar kualitas hasil belajar siswa menjadi meningkat dengan pokok bahasan multikultural menggunakan media video. Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini bagaimana minat belajar siswa pada pokok bahasan multikultural di SDN 347 Batahan, karena disekolah ini tampak terlihat jelas bahwa kurangnya minat belajar siswa ketika mengikuti pelajaran tanpa ada bantuan media dan lebih berhubungan dengan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sehingga siswa akan cenderung jenuh. Maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini dengan bantuan media video yang ditampilkan setiap materi dan pertemuan di dalam kelas, maka peneliti dapat melihat perubahan minat siswa ketika melakukan proses pembelajaran dari sebelumnya. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk kelas IV di SDN 347 Batahan Mandailing Natal dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilaksanakan riset lapangan. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa menggunakan media video pada pokok bahasan multikultural untuk meningkatkan minat belajar pada awalnya dapat dinilai dengan kurang. Namun adanya Penelitian Tindakan Kelas ini menjadikan minat belajar siswa semakin meningkat, hal ini dapat dinyatakan dengan adanya peningkatan minat belajar berdasarkan hasil tes dan observasi. Hasil tes belajar siswa pada Siklus I rata-rata 62,28% pada Siklus II rata-rata 82,57%. Sedangkan hasil observasi pada guru setiap pertemuan pada Siklus I Pertemuan I rata-rata 60% Pertemuan II rata-rata 75% dan pada Siklus II Pertemuan I rata-rata 85%, Pertemuan II rata-rata 90%. Dengan demikian terjadilah peningkatan minat belajar pada setiap siklus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Syafnan, M.Pd. dan Hamidah, M.Pd
Keywords: Kualitas Hasil Belajar; Media Video
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200209 Multicultural, Intercultural and Cross-cultural Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 04 May 2021 03:21
Last Modified: 04 May 2021 03:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6611

Actions (login required)

View Item View Item