Samosir, Sinta Marito (2021) Pengelolaan kelas guru akidah akhlak di MTs Pondok Pesantren Modern Baharuddin Janji Mauli Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620100109.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa masih banyak guru yang kurang memahami pentingnya pengelolaan kelas dan hanya menyampaikan materi saja. Hal ini dilihat dari siswa yang masih sering ribut dan bosan dalam pembelajaran. Untuk itu pengetahuan dan pelaksanaan guru dalam mengelola kelas sangat diperlukan baik dari pengaturan fasilitas dan orang yang ada dalam kelas. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan pengelolaan kelas guru Akidah Akhlak di MTs Pondok Pesantren Modern Baharuddin dan untuk mengetahui apa kendala dan cara mengatasi masalah dalam pengelolaan kelas di MTs Pondok Pesntren Modern Baharuddin Janji Mauli Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan kelas guru Akidah Akhlak di MTs Pondok Pesntren Modern Baharuddin Janji Mauli Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan dan apa kendala yang ditemui dan cara mengatasi masalah tersebut di MTs Pondok Pesantren Modern Baharuddin Janji Mauli Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan yaitu dua orang guru Akidah Akhlak di MTs pondok pesntren modern baharuddin janji mauli kecamatan angkola muaratais kabupaten tapanuli selatan untuk data primer dan data sekunder siswa siswi kelas MTs. Adapun analisis data yang digunakan adalah klasifikasi data, reduksi data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa pengelolaan kelas guru aqidah akhlak di MTs Pondok Pesantren Modern Baharuddin tergolong baik ditinjau dari usaha preventif dan kuratif, pengaturan dan penyediaan fasilitas dalam kelas, hubungan yang harmonis juga diciptakan oleh guru dengan beberapa pendekatan. kendala yang ditemui yaitu metode mengajar guru yang monoton, kurangnya buku paket akidah akhlak dan siswa yang kurang memahami tugas dan haknya. Cara mengatasinya yaitu guru harus menggunakan metode bervariasi, Siswa memfoto copy buku bagi yang kekurangan buku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Samsuddin, M.Ag. dan Dra. Rosimah Lubis, M.Pd |
Keywords: | Pengelolaan Kelas; Guru Akidah Akhlak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 04 May 2021 03:01 |
Last Modified: | 04 May 2021 03:01 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6610 |
Actions (login required)
View Item |