Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII MTs Swasta NU Malintang Jae Kecamatan Bukit Malintang

Tambunan, Ika Rosdianti (2021) Pengaruh penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII MTs Swasta NU Malintang Jae Kecamatan Bukit Malintang. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran matematika dimadrasah yang membosankan karena guru yang menyampaikan materi pembelajaran tidak selalu mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa Ssehingga membuat peserta didik susah memahami konsep matematika dan mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah yaitu : apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VII MTs S NU Malintang Jae Kecamatan Bukit Malintang? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Swasta NU Malintang Jae. Tehnik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sehingga dalam penelitian ini instrument pengumpulan data yang digunakan adalah kelas VIIIA dan VIIIB. Dalam penelitian ini instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Adapun hasil penelitian setelah dilakukan uji persyaratan analisis data diperoleh kedua kelas sampel distribusi normal dan homogeny dan memiliki perbedaan rata-rata. Adapun rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 83,33 dan rata�rata pada kelas kontrol yaitu 68,8. Dari hasil uji t yang diperoleh yaitu thitung = 5,888 > ttabel = 2,021, dengan signifikan 2-tailed = 0,001 < 0.05, sehingga terjadi penolakan HO dan penerimaan Ha. Artinya terdapat pengaruh yang singnifikan penggunaan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar pada materi sistem persamaan linear dua variabel dikelas VIII MTs Swasta Nahdatul Ulama Malintang Jae.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Model Contextual Teaching and Learning; Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 30 Apr 2021 04:48
Last Modified: 30 Apr 2021 04:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6607

Actions (login required)

View Item View Item