Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam di Persiapan Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Padangsidimpuan

Daulay, Borgo (2021) Penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam di Persiapan Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100129.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru Pendidikan Agama Islam belum optimal dalam menggunakan media pembelajaran yang ada di sekolah Persiapan Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Padangsidimpuan, seperti kurangnya keterampilan dan pengetahuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan media berbasis elektronik (komputer dan infokus). Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di Persiapan Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 padangsidimpuan, 2) Apa saja yang menjadi faktor penghambat penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di Persiapan Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 padangsidimpuan, dan 3) Bagaimana solusi dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di Persiapan Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran, 2) Faktor penghambat penggunaan media pembelajaran, 3) Solusi dalam menumbuhkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer yaitu guru Pendidikan Agama Islam dan skunder yaitu Kepala Sekolah dan siswa. Instrumen pengumpulan data dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui klarifikasi data, reduksi data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yaitu bahwa penggunaan media pembelajaran dalam menumbuhkan motivasi belajar sudah optimal, dikarenakan guru Pendidikan Agama Islam sudah menggunakan media pada saat mengajar, hasilnya dapat dilihat dari tumbuhnya motivasi dan gairah siswa untuk belajar Pendidikan Agama Islam sehingga dapat mempermudah siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hambatan yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam adalah kurangnya keterampilan dan pengetahuan guru dalam menggunakan media, dan listrik yang sering padam di area sekolah. Solusi dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu memberikan pelatihan kepada guru Pendidikan Agama Islam yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Hamidah, M.Pd
Keywords: Media Pembelajaran; Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 30 Apr 2021 04:41
Last Modified: 30 Apr 2021 04:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6606

Actions (login required)

View Item View Item