Pasaribu, Hotnida (2021) Pola asuh orangtua dalam memberikan pendidikan agama Islam terhadap remaja di Desa Aek Raru Kecamatan Simangambat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620100004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena pendidikan agama Islam remajanya memang sudah baik, tetapi dalam pelaksanaan keseharian belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari keseharian remajanya contohnya seperti sholat 5 waktu yang sering tertinggal. Maka peneliti ingin melihat bagaimana sebenarnya pola asuh orangtua dalam memberikan pendidikan agama Islam terhadap remaja di Desa Aek Raru. Rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimana gambaran pengamalan pendidikan agama Islam Terhadap remaja, bagaimana gambaran pola asuh orangtua dalam memberikan pendidikan agama Islam terhadap remaja, dan apa saja kendala yang dihadapi orangtua dalam memberikan pendidikan agama Islam terhadap remaja di Desa Aek Raru. Tujuanya untuk mengetahui gambaran pengamalan pendidikan agama Islam remaja, mengetahui gambaran pola asuh orangtua dalam memberikan pendidikan agama Islam.Mengetahui apa saja kendala yang dihadapi orangtua dalam memberikan pendidikan agama islam terhadap remaja. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif, Metode kualitatif deskriptif, data ini menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode yang meneliti suatu kelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, Sumber data penelitian ini sumber data primer dan skunder. Metode ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pola asuh orangtua dalam memberikan pendidikan agama Islam terhadap remaja sekarang. Hasil penelitian ini menunjukkan:1. Pengamalan Pendidikan agama Islam Remaja di Desa Aek Raru, Kecamatan Simangambat ini sudah baik tetapi dalam pelaksanaan keseharian belum sepenuhnya terlaksanakan. terutama dalam hal mengamalkan akidah: contohnya kurangnya keyakinan remaja terhadap rukun iman, Ibadah: contohnya sholat 5 waktu yang masih sering ditinggalkan. dan akhlak: contohnya tidak bersikap sopan dan santun teradap orangtua dan keluarga lainnya. 2. Pola asuh orangtua dalam memberikan pendidikan agama Islam terhadap remaja di desa Aek Raru,berbeda-beda secara teori bahwa pola asuh orangtua itu bisa melalui pola asuh keteladan, pembiasaan, nasehat, hukuman dan ganjaran. Tetapi ada juga orangtua di desa ini memakai pola asuh demokratis, dan ada juga yang memakai pola asuh permisif, otoriter, tetapi sejauh yang peneliti observasi bahwa kebanyakan diantaranya orangtua memakai pola asuh situasional. 3. Kendala yang dihadapi orangtua, terlihat dari beberapa faktor lingkungan, faktor ilmu pengetahuan, faktor pekerjaan orangtua, faktor ekonomi, faktor media sosial yang mempengaruhi pendidikan agama Islam remaja. Tetapi yang paling berpengaruh terhadap remaja ialah faktor lingkungan dan media sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. |
Keywords: | Pola Asuh Orangtua; Pendidikan Agama Islam; Remaja |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 04:14 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 04:14 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6603 |
Actions (login required)
View Item |