Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa untuk materipokok aljabar di KelasVII MTs S NU Desa Malintang Jae Kabupaten Mandailing Natal

Nurhidayah, Nurhidayah (2021) Pengaruh penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa untuk materipokok aljabar di KelasVII MTs S NU Desa Malintang Jae Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200086.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran matematika yang selama ini dikembangkan melalui metode kurang variatif dan tidak semua siswa dilibatkan dalam pembelajaran, yang mengakibatkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran di kelas. Sehingga penulis mencoba mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa untuk materi pokok aljabar di kelas VII MTs S NU Desa Malintang Jae Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan penelitian in adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa untuk materi pokok aljabar di kelas VII MTs S NU Desa Malintang Jae Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain control group pretest-posttes. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII di MTs S NU Malintang Jae dengan jumlah siswa sebanyak 60 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, sedangkan data dianalisis dengan menggunakan analisis normalitas, variansi, homogenitas, dan uji t dengan bantuan SPSS versi 21. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas sampel berdisribusi normal dan homogen. Perhitungan uji-t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan = 3,094 > = 2,021 maka ditolak dan sebaliknya diterima. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa untuk materi pokok aljabar di kelas VII di MTs S NU Desa Malintang Jae Kabupaten Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Mariam Nasution, M.Pd. dan Dra. Asnah, MA
Keywords: Model Pembelajaran; Reciprocal Teaching; Hasil Belajar; Aljabar
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 29 Apr 2021 03:29
Last Modified: 29 Apr 2021 03:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6595

Actions (login required)

View Item View Item