Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan metaphorical thinking terhadap kemampuan penalaran analogi matematik siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung di Kelas IX SMP Negeri 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan

Rambe, Yuni Sara Kholijah (2021) Pengaruh pendekatan metaphorical thinking terhadap kemampuan penalaran analogi matematik siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung di Kelas IX SMP Negeri 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan penalaran analogi matematik siswa kelas IX SMP Negeri 1 Angkola Barat pada mata pelajaran matematika masih rendah. Hal ini disebabkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Penggunaan metode ataupun pendekatan konvensional yang dilakukan guru, mengakibatkan kemampuan bernalar siswa belum optimal. Dengan kondisi pembelajaran yang demikian itu, maka memerlukan perubahan dalam pendekatan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut seharusnya guru menerapkan pendekatan pembelajaran Metaphorical Thinking untuk melihat peningkatan kemampuan penalaran analogi siswa. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh pendekatan Metaphorical Thinking terhadap kemampuan penalaran analogi matematik siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan rancangan penelitian Non Randomized Control Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Angkola Barat yang terdiri dari 10 kelas sebanyak 136 siswa, sedangkan sampelnya sebagian dari populasi yaitu kelas IXA1 sebanyak 14 siswa dan kelas IXA2 sebanyak 14 siswa. Kemudian instrument yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data digunakan rumus uji normalitas Kolmogorov smirnov, uji homogenitas dan uji-t. Dari hasil pengujian diperoleh rata-rata kelas eksperimen yaitu 76,50 lebih baik dari pada rata-rata kelas kontrol yaitu 70,79. Sedangkan dari analisis data menggunakan uji t diperoleh thitung = 4,790. Dibandingkan dengan ttabel yaitu dengan α = 5% dan dk = (n1 + n2 – 2) = 26 maka diperoleh ttabel yaitu 2,056. Karena thitung > ttabel yakni 4,790 > 2,056, yang menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan Metaphorical Thinking terhadap kemampuan penalaran analogi matematik siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Mariam Nasution, M.Pd. dan Dr. Erawadi, M.Ag.
Keywords: Metaphorical Thinking; Kemampuan Penalaran; Analogi Matematik; Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 29 Apr 2021 03:14
Last Modified: 29 Apr 2021 03:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6594

Actions (login required)

View Item View Item